SEBERAPA PENTINGNYA BIMBINGAN KONSELING DISEKOLAH LANJUTAN?
Banyak pelayanan bimbingan masih ditunjukkan sebagai bantuan remgedial terhadap keglan prestasi belajar,hambatan dalam pergaulan,permasalahan dalam keluarga,atau keluhan guru dan kepala sekolah mengenai disiplin siswa. Akhir-akhir ini,pendidikan juga menyangkut penjaringan anak-anak berbakat.Namun berbeda halnya dengan teoris konseling sekolah,yang mengharapkan psikolog sekolah lebih banyak mencurahkan waktu untuk pencegahan daripada melakukan tindakan remedial.
Bimbingan perlu diberikan berkelanjutan sepanjang hidup bagi mereka yang membutuhkan bantuan. Masa bantuan yang lebih penting dan paling efektif ialah pada masa kebiasaan,sikap dan ideal baru terbentuk,dan pada masa teknik untuk membantu diri sendiri berkembang.
Adapun tujuan bimbingan konseling adalah:
1. Mengatasi kesulitan dalam memahami dirinya sendiri
2. Mengatasi kesulitan dalam memahami lingkungan sekolahnya,keluarga dan masyarakat yang lebih luas
3. Mengatasi kesulitan dalam mengidentifikasikan dan memecahkan masalah yang dihadapi
4. Mengatasi kesulitan dalam menyalurkan kemampuan,minat,dan bakat dalam bidang pendidikan dan kemungkinan pekerjaan secara tepat
Sedangkan tujuan bimbingan konseling disekolah:
1. Mengatasi kesulitan dan belajar untuk memahami diri sendiriyang berkaitan dengan pengetahuan ketrampilan ,dan pekerjaan agar dapat membentuk komunikasi dan hubungan social.
2. Mengidentifikasi cirri-ciri tuntutan sekolah kini dan prospek mendatang
3. Mengatasi kesulitan dalam menguasai sikap-sikap hormat dan penghargaan yang diharapkan.lingkungan social tertentu
4. Mengatasi kesulitan dalam membuat keputusan arah pilihan kelompok mata pelajaran bagi kelanjutan studi,atau kemungkinan karir dan jabatan pekerjaanantara orang tua ,masyarakat dan sekolah.
Daftar Pustaka:
Jones, A.J,Stefflre,B,Stewart,N.R. (1970).Prinsciple of Guidance. Tokyo :McGraw-Hill Kogakusha
Mapiare, A. (1948). Pengantar bimbingan dan konseling disekolah. Surabaya : Usaha Nasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar