Selasa, 10 September 2013

Learning and Instruction

BAB I 
 

Tinjauan

Belajar adalah proses multisegi yang biasanya dianggap sesuatu yang biasa saja oleh individu sampai mereka mengalami kesulitan saat menghadapi tugas yang kompleks.Manusia memiliki otak yang baik jika digunakan melakukan tindakan yang memiliki tujuan. Diantara kemampuan itu adalah mengidentifikasi objek, merancang tujuan,menyusun rencana, mengorganisasikan sumber daya, dan memonitor konsekuensi. Aktivitas kognitif ini terkait dengan 3 aspek unik dari kecerdasan manusia. Pertama, manusia mampu mempelajari penemuan, penciptaan, dan ide-ide pemikir besar dan ilmuwan besar di masa lampau ( Vygotsky, 1924/1979). Kedua, individu mampu mengembangkan pengetahuan tentang tempat dan kejadian yang belum mereka alami secara personal melalui pengalaman orang lain. Ketiga, manusia menyesuaikan lingkungan  dengan diri mereka, bukan sekedar beradaptasi dengan lingkungan.

APA PERAN BELAJAR DALAM KEHIDUPAN SEHARI- HARI?

Peran belajar bagi individu :
  • Menjelaskan tentang pemerolehan berbagai kemampuan dan keterampilan tentang strategi untuk menjalankan peran di dunia, serta tentang sikap dan nilai yang memandu tindakan seseorang.
  • Tujuan belajar mempelajari tentang nilai, bahasa dan perkembangan kultur-pengalaman yang diwariskan.
Upaya - upaya awal untuk memahami belajar adalah melalui kebijakan tradisional, yang biasanya didasarkan pada pengalaman, dan melalui filsafat.


APA KRITERIA UNTUK TEORI BELAJAR

Kriteria :
  1. Seperangkat asumsi yang eksplisit yang merupakan keyakinan dasar teoritisi tentang suatu fenomena yang akan dibahas.
  2. Teori harus mencakup defenisi yang eksplisit tentang istilah penting.
  3. Membentuk tubuh teori
  4. Teori harus menjelaskan dinamika psikologis dasar pada kejadian yang mempengaruhi belajar.

APA FUNGSI TEORI BELAJAR

  • Fungsi Umum
          Ada 4 fungsi umum dalam teori yaitu :
  1. Kerangka untuk melakukan riset
  2. Memberikan kerangka organisasi untuk item - item informasi.
  3. Mengidentifikasi sifat dari peristiwa yang kompleks
  4. Mereorganisasi pengalaman sebelumnya
  5. Bertindak sebagai penjelasan kerja dari peristiwa.

  •  Fungsi Khusus
           Ada 4 fungsi khusus dalam teori yaitu :
  1. Sebagai pedoman perencanaan instruksi
  2. Mengevaluasi produk untuk dipakai di kelas dan di praktek belajar yang berlangsung.
  3. Mendiagnosa problem dalam instruksi di kelas.
  4. Mengevaluasi riset berdasarkan teori. 
 
Daftar Pustaka :

Ausubel, D.P Novak, J.D .,& Hanesian, H (1968). Educational : A cognitive view. New York : Holt , Rinehart & Wiston.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar