Selasa, 01 Februari 2011

Latar Historis dari Psikologi Pendidikan

         Menurut William James,dia mendiskusikan aplikasi psikologi  untuk mendidik anak. Dia mengajari  pada guru bagaimana mengajar secara efektif. Tujuannya adalah meningkatkan mutu pendidikan.Tapi ada satu hal yang sulit saya pahami dari rekomendasi James adalah mengapa James harus memaksakan '' mengajar lebih pada posisi yang lebih tinggi'' diatas pengetahuan dan pemahaman anak dengan cara memperluas cakrawala pemikiran  anak. Jadi maenurut saya James agak memaksakan anak harus mempunyai pengetahuan luas,sementara anak masih membutuhkan proses bertahap untuk belajar.
        Menurut John Dewey  pendidikan memang harus difokuskan pada anak secara keseluruhan.Saya setuju ke pendapat Dewey karena tujuan utamanya untuk beradaptasi dengan lingkungan. Anak bukan hanya dituntut untuk mendapat pelajaran akademik saja,tapi diajari untuk beradaptasi di luar lingkungan sekolah. Dewey juga menegaskan bahwa anak harus memecahkan masalah secara reflektif dan menegaskan bahwa anak berhak mendapat pendidikan yang layak bagi semua anak baik laki-laki dan perempuan dari semua status sosial dan ekonomi maupun etnis.
       Menurut E.L Thorndike,menegakan bahwa salah satu tugas pendidikan adalah menanamkan keahlian penalaran pada anak.Tapi Thorndike agak memaksakan bahwa psikologi pendidikan harus punya basis ilmiah dan berfokus pada pengukuran. Yang saya tidak mengaerti ini pengukuran dalam hal apa? Dan basis ilmiahnya itu apa? Thorndike kurang merincikan apa maksud2 dan basis ilmiah secara objektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar